Transformasi Digital Perumdam Tirta Bengkayang dengan Absensi Online Berbasis Lokasi (GPS) Real Time

Share This Post

Share on facebook
Share on whatsapp

Bengkayang, 19 Januari 2024 – Di era digital yang terus berkembang awal tahun 2024 ini, Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Bengkayang mengambil langkah besar dalam mengadaptasi teknologi untuk memangkas administrasi absen manual. Terhitung hari ini, Perumdam Tirta Bengkayang resmi menerapkan sistem absensi online berbasis aplikasi Android dan iOS, sebuah inisiatif yang menggabungkan inovasi teknologi dengan ketepatan lokasi untuk meningkatkan efisiensi dan akuntabilitas pegawai. Mengingat saat ini sudah sebagian besar lokasi Kantor Unit Perumdam Tirta Bengkayang tercover sinyal meskipun beberapa lokasi masih membutuhkan extender sehingga dapat dilakukan dengan memperbesar jarak covering GPS yang ditentukan khususnya bagi masing-masing intake.

http://data.bengkayangkab.go.id/dataset/data-prediksi-iot-perumdam-tirta-bengkayang
Gambar 1. Titik Absensi sesuai Latitude dan Longitude
Gambar 2. Titik Absensi sesuai Latitude dan Longitude untuk Sungai Betung
Gambar 3. Lokasi Kantor Utama Perumdam Tirta Bengkayang untuk Absensi

Absensi ini digunakan untuk memastikan kehadiran pegawai di lokasi kerja spesifik sesuai titik latitute dan longitude seperti kantor pusat Perumdam Tirta Bengkayang, Unit-unit Sanggau Ledo & Tujuh Belas, Ledo, Samalantan, Lumar, Jagoi Babang, Sungai Betung, serta berbagai Intake/IPA di Jagoi Babang, Ledo, Madi, Riam Budi, Tampe, Tebudak, dan Sungai Betung. Setiap pegawai dapat melakukan presensi online di lokasi penempatan mereka dan mengkonfirmasi keberangkatan dan kepulangan maupun kegiatan yang mereka lakukan dengan cara yang sama.

Gambar 4. Tampilan Dashboard Admin untuk bukti Rekap Absensi per pegawai
Gambar 5. Absensi Wajib Menampilkan Wajah
Gambar 6. Tampilan pada Dashboard Karyawan

Inovasi ini tidak hanya berhenti pada absensi digital, tetapi juga penggunaan fitur autentifikasi wajah dan pencatatan kegiatan harian. Dengan demikian, setiap pegawai dapat mendokumentasikan tugas yang telah dilaksanakan, memberikan transparansi dan akurasi dalam laporan kinerja dan memudahkan dalam rekap yang selama ini harus manual secara bertahap memangkas waktu rekap dan lebih efisien dalam melakukan kegiatan harian untuk mencapai visi Terwujudnya Perusahaan Umum Daerah Air Minum  Kabupaten Bengkayang  yang  Sehat, Baik, Terpercaya, Maju dan Mampu  Menghasilkan Pendapatan Asli Daerah bagi Kabupaten Bengkayang

Pengembangan dorongan digitalisasi absensi ini memudahkan pihak HRD dan Personalia maupun Direktur Bapak Wardi, S.Si. Beliau mengucapkan terima kasih kepada tim IT yang membantu menginisiasikan yang terdiri dari Bapak Azriel C. Nurcahyo, M.Kom, praktisi spesialis di bidang server dan jaringan dan dosen, Bapak Candra Gudiato, M.Kom, dosen ahli dalam pemrograman dan Ibu Mira, M.Kom, pakar di bidang computer vision. Kolaborasi antara praktisi dan akademisi ini sangat cepat dalam mengimplementasikan absensi digital di Perumdam Tirta Bengkayang.

Sejak uji coba sistem pada 17 Januari 2024, respon dari pegawai/karyawan baik pegawai tetap, calon pegawai dan pegawai kontrak terhadap sistem baru ini sangat positif. Integrasi teknologi ini tidak hanya mempermudah proses absensi, tetapi juga menawarkan wawasan yang lebih mendalam tentang pola kerja dan produktivitas karyawan.

Gambar 7. Konsultasi tiap Pegawai untuk Absensi Online dengan Tim IT
  • Dengan penerapan sistem absensi berbasis lokasi ini, Perumdam Tirta Bengkayang diharapkan tidak hanya meningkatkan efisiensi operasionalnya tetapi juga menetapkan standar baru dalam penggunaan teknologi di lingkungan kerja Badan Usaha Milik Daerah. Langkah ini menandai titik penting dalam perjalanan transformasi digital Perumdam Tirta Bengkayang sejak 2020 dan diharapkan menjadi contoh bagi Perusahaan Daerah Air Minum lainnya dalam mengadopsi inovasi teknologi untuk peningkatan kualitas SDM.

More To Explore