SERBA SERBI

CSR

CSR kami PERUMDAM TIRTA BENGKAYANG

Sebagai salah satu upaya dalam  mendukung pencapaian MDGs, PERUMDAM  Tirta Bengkayang  berkomitmen untuk mendukung pencapaian MDGs  tersebut melalui program-program kerja yang dilaksanakan setiap tahunnya. Selain melaksanakan program-program kerja dalam rangka memberikan pelayanan sesuai tugas dan fungsinya, menambah cakupan layanan sambungan baru air minum di wilayah IKK , saat ini PERUMDAM Tirta Bengkayang  juga sedang terus berupaya mengembangkan aktivitas  kinerja sosial dan lingkungan secara terencana dan bertahap.

Corporate Social Responsibility (CSR)  PERUDAM Tirta Bengkayang diimplementasi dalam wilayah aktivitas CSR PERUMDAM dalam bidang sosial dan lingkungan yang mencakup  penyediaan sarana umum (infrastructure development), keagamaan, pendidikan (education), kesejahteraan sosial, kesehatan (health improvement), revitalisasi seni-budaya, tanggap darurat bencana (disaster emergency response), olah raga dan lingkungan.

PERUMDAM Tirta Bengkayang  sebagai salah satu BUMD kabupaten Bengkayang yang tugas pokoknya yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat kota Bengkayang , akan terus berupaya mengembangkan CSR-nya dalam tujuan  dan sasaran meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bengkayang, masyarakat disekitar wilayah operasi kerja dan jalur pipa melalui kegiatan CSR yang berkelanjutan.

Tanggung jawab dan komitmen PERUMDAM Tirta Bengkayang dalam bidang sosial dan lingkungan bertujuan untuk menciptakan positive emotional relation dengan masyarakat secara berkesinambungan.PERUMDAM Tirta Bengkayang menyadari bahwa keberhasilan pengelolaan sosial dan lingkungan merupakan pilar utama dari perwujudan pembangunan yang berkelanjutan. Untuk itu, PERUMDAM Tirta Bengkayang telah mengambil prakarsa sadar dan terencana, memadukan lingkungan hidup termasuk sumber daya, ke dalam proses bisnis perusahaan untuk menjamin kemampuan, kesejahteraan, dan mutu hidup generasi masa kini dan generasi masa depan.

TENTANG PERUMDAM TORTA BENGKAYANG

Keberadaan air untuk kebutuhan minum, masak, mandi dan lain-lain merupakan hajat hidup orang, masyarakat, dimanapun berada. Kota Bengkayang tumbuh dan berkembang sesuai perubahan dan perkembangannya yang dulunya hanya ibukota kecamatan pada tahun 1999 menjadi ibukota kabupaten, dengan adanya Undang-Undang nomor 10 tahun 1999 Tentang Pemerintah Kabupaten Bengkayang. Fasilitas untuk melayani kebutuhan publik yang belum ada, harus diadakan.

 

Fasilitas kebutuhan publik untuk air bersih pada saat masih berada pada masa Kabupaten Sambas, ialah air bersih yang ditangani oleh PDAM Kabupaten Sambas yang berada di Bengkayang, berupa sumber air dari Riam Budi. Konsumennya terbatas, debit air juga kecil, tidak mampu mengatasi kebutuhan masyarakat Kota Bengkayang saat itu, apalagi pelayanan yang berkembang dan bertambahnya rumah-rumah, bangunan, dan fasilitas pemerintah dengan ada bertambahnya keberadaan instansi di ibukota Kabupaten Bengkayang.

 

Pemerintah Kabupaten Bengkayang menyikapi keadaan untuk tersedianya air bersih yang memadai dan mencukupi, melakukan langkah-langkah mempelajari cara mengatasi masalah kebutuhan air bersih tersebut.

 

Potensi yang tersedia untuk kebutuhan air bersih ada beberapa pilihan yakni air sungai, sumur, atau air dalam tanah, air hujan, atau air dari gunung yang dapat dialirkan untuk sumber air bersih.

 

Pilihannya adalah mempelajari sumber air dari gunung dan riam yang cukup tersedia di daerah ini.

Berdasarkan pilihan tersebut dilakukan survey, penelitian dibeberapa sumber:

  1. Riam Budi di Kecamatan Sungai Betung
  2. Riam Madi di Kecamatan Lumar
  3. Riam Marum di Kecamatan Sanggau Ledo

Hasil penelitian menggambarkan:

  1. Riam Budi, tidak memenuhi persyaratan untuk debit airnya.
  2. Riam Madi, memenuhi persyaratan untuk debit air dan jarak untuk perpipaan ± 26 km.
  3. Riam Marum, memenuhi persyaratan untuk debit air, malah melebihi, namun jaraknya ± 70 km.

Akhirnya disepakati dan dipilih sumber air Riam Madi di Kecamatan Lumar sebagai sumber air bersih untuk Kota Bengkayang. Pada tahun 2003 dilakukan penelitian lebih detail terhadap pilihan tersebut, sehingga dianggarkan dalam APBD Kabupaten Bengkayang untuk biaya penelitian, konsultan, dan anggaran fisik proyek air bersih Riam Madi.

 

Pada tahun 2005 proyek air bersih Riam Madi selesai dilaksanakan dan dimanfaatkan untuk melayani air bersih Kota Bengkayang. Dalam perjalanannya dengan investasi daerah dengan proyek air bersih Riam Madi tersebut, sebagai cikal bakal modal aset daerah yang harus dikelola. Untuk mengelola aset tersebut dibentuk lembaga PDAM Kabupaten Bengkayang. PDAM Kabupaten Bengkayang bertugas, untuk mengelola seluruh aset air bersih se-Kabupaten Bengkayang, selain yang ada di Ibukota Kabupaten Bengkayang di Bengkayang.

CSR PERUMDAM TIRTA BENGKAYANG

Sebagai salah satu perusahaan daerah kabupaten Bengkayang yang tugas utamanya sebagai Public Services, melayani publik dalam pelayanan air minum yang memanfaatkan sumber daya air sebagai basis kegiatan produksinya sangat bergantung pada alam, yaitu sumber daya air. PERUMDAM Tirta Bengkayang menggunakan sumber air baku yang berasal dari sumber mata air dan air permukaan.

Keberadaan dan eksistensi  PERUMDAM Tirta  Bengkayang sangat ditentukan oleh triple bottom lines, yakni ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal ini secara eksplisit tertuang dalam misi CSR perusahaan yang menyatakan bahwa PERUMDAM Tirta Bengkayang memiliki komitmen terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan kesejahteraan pemangku kepentingan (stakeholders) terutama pelanggan, pegawai dan masyarakat sekitarnya.

Komitmen dari misi tersebut selanjutnya dimanifestasikan melalui langkah-langkah strategis :

  1. Mewujudkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat .
  2. Mempertahankan penyerapan tenaga kerja melalui pengelolaan yang profesional.
  3. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat  serta membantu yang   meliputi pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan serta memelihara kelestarian lingkungan hidup.
  4. Mengembangkan pola pemberdayaan ekonomi masyarakat, baik   terkait atau tidak dengan bisnis PERUMDAM melalui  pembinaan berkesinambungan, dengan mengedepankan aspek pemerataan, kemandirian, profesional dan etika.

Indikator kunci yang digunakan sebagai parameter efektivitas pelaksanaan keempat langkah strategis itu terdiri atas :

  1. Disesuaikan dengan visi dan Misi perusahaan
  2. Relevansi dengan perubahan yang terjadi dalam lingkup eksternal dan internal
  3. Memperoleh dukungan, melibatkan dan memberdayakan komunitas
  4. Menjamin kelestarian lingkungan
  5. Memiliki rencana implementasi yang transparan
  6. Akuntabel
  7. Berkelanjutan
  8. Meningkatkan identitas sosial perusahaan (corporate social  responsibility)

Program CSR PERUMDAM Tirta Bengkayang

Program yang dilakukan oleh DENZIPUR MABAK selaku pelaksana kegiatan CSR PERUMDAM Tirta Bengkayang di bagi menjadi beberapa kegiatan, yaitu :

  1. Sahabat Air “Peduli”

     – Kegiatan Memperingati Hari Raya Natal

     – Kegiatan Memperingati Hari Raya Idul Adha

     – Kegiatan Pembagian Sembako

     – Kegiatan Tanggap Bencana di Kota Bengkayang

  1. Sahabat Air “Belajar”

     – Kegiatan pembersihan daerah aliran sungai  di Sumber Mata Air Madi

  1. Sahabat Air “Sehat”

     – Kegiatan Sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

     

     – Kegiatan Bantuan Konsumsi untuk Masyarakat Lumar

  1. Sahabat Air “Hijau”

    – Kegiatan Penanaman Pohon di Wilayah Intake Madi Area

   

  1. Komunitas Sahabat Air

     – Komunitas Pengamanan Obyek Vital

     – Komunitas Partisipasi dalam Pencegahan Penularan Covid -19     

     – Komunitas Perusahaan Sehat – Komunitas Pemberdayaan Masyarakat

  1. Program Internal

     – Kegiatan  Duta Air

     – Kegiatan Penyusunan Laporan Keberlanjutan

     – Kegiatan Pembuatan profil Video  Perusahaan

Wilayah Aktivitas CSR PERUMDAM Tirta Bengkayang

Sarana Umum

Aktivitas peningkatan sarana umum meliputi pembenahan wastafel di wilayah pasar program pencegahan penularan COVID -19 dan air bersih dan perbaikan fasilitas umum lainnya. Aktivitas tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas dan liveability masyarakat. PERUMDAM Tirta Bengkayang menyadari bahwa ketersediaan sarana tersebut merupakan “jembatan” bagi upaya pencegahan penulaaran virus COVID -19 serta pemberdayaan masyarakat dampak virus tersebut.

Keagamaan,

Pendidikan

Salah satu titik kritis dalam pembangunan di Indonesia adalah bagaimana meningkatkan mutu SDM. Pemberian Sertifikat setelah melakukan magang  untuk meningkatkan mutu SDM yang meliputi bantuan, seminar, PKL pelajar dan  mahasiswa, kursus/latihan keterampilan  dan peningkatan mutu pendidik merupakan bentuk kepedulian PERUMDAM Tirta Bengkayang dalam upaya meningkatkan kualitas SDM tersebut.

Kesejahteraan Sosial

Pemberian bantuan untuk kegiatan sosial meliputi bantuan paket sembako, peringatan hari besar nasional/keagamaan, pemberian paket sembako  untuk kegiatan peduli orang tua jompo dan masyarakat merupakan wujud komitmen PERUMDAM Tirta Bengkayang dalam melaksanakan implementasi tanggung jawab sosial dan lingkungan.

Kesehatan

Tanggap Darurat Bencana

Penderitaan para korban dari berbagai bencana yang terjadi di Indonesia merupakan landas pacu bagi PERUMDAM Tirta Bengkayang untuk semakin peduli dengan penderitaan sesama. Melalui aktivitas Tanggap Darurat Bencana, “PERUMDAM Tirta Bengkayang Peduli” untuk masyarakat korban bencana. Beberapa aktivitas tanggap darurat bencana yang telah dilakukan antara lain adalah:

  1. Kebakaran rumah di desa Sansak kecamatan Lumar
  2. Korban banjir di wilyah kecamatan ledo, dan seluas

Lingkungan

Tanggung jawab PERUMDAM Tirta Bengkayang dalam bidang lingkungan yang dilaksanakan untuk dapat memenuhi keperluan masa kini dan dapat dikembangkan lebih lanjut untuk keperluan masa yang akan datang.

Program-program Lingkungan yang dilaksanakan oleh PERUMDAM Tirta Bengkayang antara lain :

  1. Penyemaian Bibit Pohon, penanaman dan pemeliharan pohon di area sumber mata air dan wilayah operasi kerja PERUMDAM.
  2. Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL)
  3. Partisipasi Aktif dalam kegiatan Kebersihan Kota
  4. Duta Air, sebagai upaya penyuluhan kepada masyarakat dalam menghemat air, menghindari pencemaran air dan menjaga kelestarian air.
  5. Pembagian Bibit Pohon kepada Masyarakat

Ekonomi

Tanggung jawab sosial PERUMDAM Tirta Bengkayang dalam bidang ekonomi difokuskan pada upaya memberikan kemudahan kepada masyarakat berpenghasilan rendah atau masyarakat kurang mampu untuk memperoleh kemudahan memperoleh pelayanan air minum melalui pembayaran secara dicicil. Secara teknis, tanggung jawab itu dilakukan dengan melakukan kerjasama dengan mitra tirta berupa kerjasama cicilan bagi layanan sambungan baru air minum bagi masyarakat.  PERUMDAM Tirta Bengkayang berharap seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengakayang dapat menikmati akses air yang bersih dan sehat dengan mudah.